Koperasi Karyawan KBN Adakan Rapat Anggota Tahunan

Jumat, 26 Maret 2021 10:04

Jumat (26/3), Koperasi Karyawan PT. KBN (Persero) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi Karyawan PT. KBN (Persero) Tahun Buku 2020 di Ballroom Kantor Pusat PT. KBN (Persero), Cakung, Jakarta Utara.

Sesuai dengan ketetapan dalam Anggaran Dasar Koperasi bahwa pada setiap tutup buku Koperasi, pengurus diwajibkan untuk membuat Laporan Pertanggungjawaban dan mengadakan perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU).

RAT Koperasi Karyawan KBN dihadiri oleh Direktur Utama PT. KBN (Persero) Alif Abadi selaku Dewan Pembina Koperasi Karyawan KBN, Para Pengurus Koperasi Karyawan KBN, Dewan Pengawas Koperasi Karyawan KBN, para perwakilan anggota Koperasi Karyawan KBN serta Perwakilan dari Dinas Koperasi Pemrov DKI Jakarta.

Perwakilan anggota Koperasi yaitu 1 (satu) peserta mewakili 20 (dua puluh) orang anggota Koperasi pada Divisi/SPI/Sekretaris Perusahaan/SBU Kawasan/SBU Non Kawasan/Pengelola Koperasi & Anak Perusahaan.

Dalam RAT tersebut, Ketua Koperasi Karyawan KBN Dasep Titof menyampaikan total pendapatan Koperasi Karyawan KBN tahun 2020 tercapai sebesar 91,88 % dari anggaran tahun 2020 dan sebesar 145,01% dari realisasi tahun 2019. SHU setelah pajak tercapai sebesar 80,40% dari anggaran tahun 2020 dan sebesar 96,06% dari realisasi tahun 2019.

Dasep pun mengatakan bahwa pandemi Virus Covid-19 menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya pendapatan Koperasi Karyawan karena pendapatan di Toko Koperasi berkurang selama masa PSBB, penurunan pendapatan Alat Tulis Kantor (ATK) dikarenakan berlakunya sistem Work From Home (WFH) yang mengakibatkan berkurangnya pemakaian ATK, penurunan pendapatan dari pedagang asongan dan Angkutan Antar Jemput Karyawan (AJP), dan penurunan pendapatan parkir Marunda karena adanya pengembalian sewa lahan parkir oleh investor namun biaya sewa kepada PT. KBN (Persero) tetap.

“Tetapi walaupun begitu, masih ada SHU yang dapat dibagikan,” ujar Dasep.

Efek dari masa pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh berbagai kalangan, salahsatunya para pedagang makanan, oleh karena itu Koperasi Karyawan KBN ikut membantu meringankan beban tersebut dengan memberikan diskon 30% selama 2 bulan kepada penyewa kantin. Walaupun hal itu menjadikan penurunan pendapatan bagi Koperasi Karyawan KBN.

Untuk meningkatkan  kinerja Koperasi kedepannya, pengurus sudah merencanakan langkah-langkah yaitu mengembangkan usaha pengelolaan lahan parkir di Marunda, pengadaan kendaraan dinas serta peningkatan pengendalian dan pengawasan.

Rapat Anggota Tahunan diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak.


 
Telah dikunjungi sebanyak : 24 kali
Share :
;