Manfaat Vaksin Covid-19

Rabu, 30 Juni 2021 10:45

Jakarta – Pemerintah telah resmi mengumumkan tujuh jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia, yakni vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan vaksin PT Bio Farma.

Dari jenis vaksin tersebut, sudah ada beberapa yang digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi, Di antaranya adalah Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna.

Yuk kenali 4 manfaat vaksinasi COVID-19 berikut ini, seperti dikutip dari situs resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC).

1. Efektif meminimalisir penyebaran virus

Vaksin COVID-19 sudah terbukti efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus Corona. Apabila terinfeksi, maka vaksin bisa membantu meminimalisir penyebaran virusnya. Ketika orang yang telah divaksin masih terpapar COVID-19, maka vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh akan mencegah tubuh mengalami gejala parah akibat virus Corona.

2. Membentuk antibodi

Vaksin COVID-19 terbukti bisa membantu membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, pada orang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 sekalipun, penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi terbukti menyediakan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terpapar virus ini.

3. Melindungi orang-orang di sekitar

Manfaat vaksinasi COVID-19 yang tak kalah pentingnya adalah vaksin yang kita dapatkan juga bisa membantu melindungi orang di sekitar kita. Sebab, apabila kita terinfeksi virus Corona, maka kita berisiko menularkannya ke orang-orang di sekitar kita.

4. Menciptakan kekebalan kelompok

Vaksinasi COVID-19 juga bermanfaat untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Untuk mendapatkan manfaat vaksinasi COVID-19 yang satu ini, para ahli percaya dibutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksinasi.

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi gratis untuk warga yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 01 Juli 2021 di KBN Kawasan Cakung.

Hal tersebut merupakan bentuk dukungan KBN untuk menyukseskan program vaksinasi agar pandemi COVID-19 cepat teratasi. Namun, banyak pihak yang belum tahu manfaat dari vaksin covid19 tersebut.


 
Telah dikunjungi sebanyak : 221 kali
Share :
;