PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) Adakan Kunjungan Lapangan untuk Mahasiswa Magang PMMB Batch II

Jumat, 19 November 2021 03:08

Jakarta – Selain menjalankan kegiatan wajib magang selama enam bulan, mahasiswa dari Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) BUMN Batch II di PT KBN (Persero) juga berkesempatan untuk mendapatkan pembelajaran dan pengalaman dari kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh SDM PT KBN (Persero), salah satunya kegiatan Kunjungan Lapangan yang berlangsung pada hari Kamis (11/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman kunjungan secara langsung kepada para mahasiswa magang di PT KBN (Persero). Dengan adanya kunjungan ini mahasiswa dapat mengetahui luasan serta cabang, jenis usaha yang dilakukan, hingga pekerjaan lapangan di PT KBN (Persero) yang dijelaskan oleh pihak-pihak bersangkutan secara langsung.

Kunjungan berlangsung selama satu hari penuh mulai dari pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Rombongan mahasiswa bersama PIC atau pembimbing dari SDM berkumpul di Kantor Pusat PT KBN (Persero) dan memulai kunjungannya di SBU Kawasan Cakung dengan bus. Kunjungan ini didampingi oleh Bapak Edward Siswanto sebagai PIC dari Kawasan Cakung.

Beliau memaparkan penjelasan seputar SBU Kawasan Cakung kepada para mahasiswa terkait luasan lahan, para investor penyewa lahan, hingga bidang bisnis yang dijalani oleh para investor. Bapak Edward menjelaskan bahwa keuntungan utama yang didapatkan dari penyewaan properti kepada para investor ialah terbukanya lapangan pekerjaan baru. Lapangan pekerjaan ini berpotensi menyerap sekitar ratusan hingga ribuan pekerja sehingga akan membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Selama berkeliling Kawasan SBU Cakung, mahasiswa PMMB sangat antusias untuk bertanya kepada Pak Edward.

Tak hanya berdiam di dalam bus, mahasiswa diberikan kesempatan untuk turun dan mengunjungi beberapa tempat untuk dilihat secara langsung. Beberapa tempat tersebut diantaranya, pengelolaan sampah, bangunan kosong yang belum tersewa, hingga SBU Pengelolaan Air di Kawasan SBU Cakung.

Beranjak dari SBU Kawasan Cakung, mahasiswa diajak untuk berkeliling SBU Kawasan Marunda dan Tanjung Priok.  Pada SBU Kawasan Marunda ini Mahasiswa dipandu oleh Bapak Baskoro selaku PIC yang berkesempatan untuk menjelaskan luasan Kawasan Marunda. Beriringan dengan penjelasan sambil berkeliling SBU Kawasan Marunda, mahasiswa diberikan master plan zonasi Kawasan Marunda yang meliputi C1,C2,C3, dan C5 agar lebih mengerti.

Pada kunjungan terakhir, mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi SBU Prima Beton untuk mengetahui proses pembuatan beton hingga jenis-jenis beton yang diproduksi oleh SBU Prima Beton PT KBN (Persero). Antusisme dari mahasiswa tak kunjung luntur meski hari mulai panas. Mereka sangat bersemangat melihat pembuatan sampel-sampel beton yang dibuat oleh pekerja lapangan. Pertanyaan tak henti-henti terlontarkan dari mahasiswa kepada PIC di SBU Prima Beton, Pak Wiyono.


 
Telah dikunjungi sebanyak : 39 kali
Share :
;