PT Sino Zone Industry Bangun Pabrik Turunan Sawit di KBN

Selasa, 30 Maret 2021 10:17

PT Sino Zone Industry Indonesia (SZII) mulai membangun pabrik pengolahan turunan sawit yang baru di KBN SBU Kawasan Cakung, Jakarta Utara.

PT Sino Zone Industry Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang crude palm oil (CPO), dengan hasil produksi berupa stearic acid, glycerine, soap, dan hydrogenated palm strearin.

Untuk diketahui, produk turunan dari sawit berupa gliserin banyak dibutuhkan oleh industri makanan, farmasi, kosmetik, dan industri lain. Indonesia yang dikenal sebagai salah satu produsen sawit terbesar dunia kaya akan baku sawit yang bisa diolah menjadi aneka produk kimia tersebut.

SZII akan menggunakan lahan di Jl. Jawa KBN Cakung seluas kurang lebih 25.000 meter persegi guna pembangunan pabrik tersebut dengan jangka waktu pembangunan sekitar 2,5 tahun.

KBN menjadi lokasi yang strategis untuk pabrik baru SZII karena kemudahan akses logistik, bahan baku dan tenaga kerja. KBN juga memiliki kemudahan akses untuk menuju pelabuhan dan bandara karena dekat dengan akses jalan tol lingkar luar (JOR).

Dengan adanya SZII diharapkan dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak mengingat SZII merupakan perusahaan CPO yang besar dan akan mengekspor ke pasar Asia Tenggara.

SZII juga mendapatkan sejumlah fasilitas insentif fiskal di bidang kepabeanan dan perpajakan dari Bea Cukai. Fasilitas ini diyakini dapat meningkatkan investasi dan mendorong sektor ekspor, serta selaras dengan pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah yang berfungsi untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya di masa pandemi Covid-19.

Salah satu fasilitas yang digelontorkan adalah kawasan berikat, yaitu tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor dan barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean guna diolah dan digabungkan yang hasilnya terutama untuk dieskpor. sumber : https://www.beacukai.go.id/berita/wujudkan-pemulihan-ekonomi-nasional-bea-cukai-gelontorkan-fasilitas-ekspor.html


 
Telah dikunjungi sebanyak : 86 kali
Share :
;