Pelindo Tinjau Proyek Dermaga Marunda C-05

Senin, 13 Februari 2023 09:28

Jajaran PT Pelindo (Persero) Regional 2 mengadakan kunjungan lapangan ke Marunda C-05, (8/2/2023). Kunjungan untuk melihat dari dekat infrastruktur dan sarana pendukung di Dermaga C-05.

Delegasi Pelindo dipimpin oleh Kepala Regional 2 Pelindo, Guna Mulyana didampingi Kepala Departemen Pemasaran Regional 2, Aryoko Jiwandono beserta jajaran terkait.

Sementara dari KBN hadir Direktur Utama KBN, Alif Abadi didampingi sejumlah pejabat terkait.

Sebelum mengunjungi C-05, pihak KBN dan Pelindo mengadakan pertemuan di ruang pertemuan SBU Kawasan Marunda.

Di Marunda, Dirut KBN, Alif Abadi menjelaskan menyebut bila  pertemuan dan kunjungan lapangan kali ini merupakan progres dari MoU yang pernah diteken bersama antara KBN-Pelindo tahun 2016 lampau.

Membuka pertemuan, Dirut KBN memaparkan perkembangan sekaligus sejumlah permasalahan yang dihadapi di Marunda C-05.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Regional 2 Pelindo, Guna Mulyana mengatakan bahwa kehadiran dermaga Marunda C-05 dapat sebagai pendukung Pelabuhan Tanjung Priok atau New Priok Kalibaru yang saat ini dioperasikan Pelindo Regional 2.

“Perkembangan di Pelabuhan Tanjung Priok saat ini luar biasa pesat, dan Marunda menurut hemat saya bisa melengkapi,” kata Guna Mulyana.

Sementara itu Kepala Departemen Pemasaran Regional 2 Pelindo, Aryoko Jiwandoro menyebut bahwa kerjasama ini menjawab sinyalemen yang menyebut KBN jadi pesaing Pelindo.

“Saya ingin membantah kalau KBN dan Pelindo itu satu eksosistem dan bukan saingan. Kita ingin berkolaborasi, saling melengkapi,” tambah Kepala Departemen Pemasaran Regional 2 Pelindo, Aryoko Jiwandono.

Ke depan Marunda C-05 akan dikembangkan sebagai pelabuhan curah, khususnya curah kering. Bisa juga dalam perkembangannya menjadi terminal multipurpose.

Setelah melihat kondisi lapangan, untuk menekan biaya sementara akan meminimalkan bangunan baru. Malah sedapat mungkin C-05 segera dioperasikan, sambil melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada.

Pelindo melihat kehadiran Marunda C-05 akan mengurangi kepadatan kapal-kapal besar yang singgah di Tanjung Priok maupun New Priok di Kalibaru, terlebih, ke depan akan dibangun akses timur NPEA (New Priok East Access) tol Cibitung-Cilincing di kawasan Marunda yang tentunya akan memperlancar arus keluar-masuk dermaga C-05.

>>MY_Selengkapnya di Majalah KBN #033


 
Telah dikunjungi sebanyak : 428 kali
Share :
;